Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi


Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral
-          -   Dua komponen yang harus dipenuhi dalam kebutuhan adalah komponen jasmani dan rohani.
-           -       Komponen jasmani memerlukan kebutuhan jasmani atau kebutuhan tubuh yang berwujud, seperti   makan, minum, pakaian, rumah, dan sebagainya.
-           -         Komponen rohani memerlukan kebutuhan berupa ketenangan, kesenangan, dan kenikmatan, seperti pendidikan, agama, siraman rohani, dan rekreasi.
-           -           Keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.
-          -     Kebutuhan adalah keinginan atas barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan untuk kelangsungan hidup.
-           -           Hasrat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut manusia sebagai makhluk ekonomi.
-            -          Hasrat manusia memerlukan bantuan orang lain disebut manusia sebagai makhluk sosial.
-            -           Sebutan dari makhluk ekonomi berasal dari kata, homo = manusia, dan economicus = yang hidup menurut kepentingan diri sendiri.
-            -     Manusia sebagai makhluk ekonomi berarti manusia dalam usahanya mencari dan memperoleh kemakmuran selalu ingin melepaskan diri dari moral dan bertindak sebagai makhluk ekonomi saja.
-            -     Dalam memenuhi segala kebutuhan dengan bertindak ekonomi seharusnya manusia memiliki empat aspek, yaitu:
1.      Rasionalitas (akal sehat)
2.      Kepentingan pribadi
3.      Moral
4.      Informasi 
-     Keinginan dan kebutuhan manusia selalu bertambah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
                                                1. Faktor tempat tinggal 
2. Faktor usia
3. Faktor pendidikan
4. Faktor SDA dan SDM yang tersedia


Perilaku Manusia dalam Bekerjasama untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya
-         -     Untuk mewujudkan perilaku manusia yang bekerjasama secara harmonis dalam memenuhi kebutuhan, maka perlu adanya kepedulian dari setiap diri manusia mewujudkan keselarasan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
-         -      Beberapa bentuk kepedulian dari setiap diri manusia yang mewujudkan keselarasan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi antara lain sebagai berikut:
1.      Salaing menghormati hak dan kewajiban masing-masing dalam melakukan kerjasama.
2.      Saling berbagi ilmu dan pengetahuan untuk kemajuan bersama.
3.      Saling tolong-menolong dan bahu-membahu  dalam kegiatan sehari-hari.
4.      Menjaga dan memupuk harga diri setiap pihak dalam melakukan kerjasama.
5.      Bahu membahu untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengesampingkan norma-norma yang berlaku.
-         -       Perbedaan kemampuan setiap manusia dapat menyebabkan manusia lepas dari manusia lain, dan menyebabkan perbedaan hubungan perilaku kerjasama.
-         -       Hubungan perilaku kerjasama biasanya didasarkan pada maksud dan tujuan yang diinginkan, yaitu sebagai berikut:
1.      Kerjasama yang saling menguntungkan
Contoh: P. Jarwo adalah seorang pengusaha rumah makan, karena rumah makannya sangat ramai ia memerlukan pegawai, Kemudian ia menyuruh P. Dito untuk menjadi pegawai, jadi P. Jarwo tidak begitu lelah, dan P. Dito mendapat gaji dari P. Jarwo
2.      Kerjasama untuk kepentingan bersama
Contoh: Di desa Sukojadi, semua warga belum mempunyai tempat kakus atau toilet, jadi pemerintah membangun toilet umum bersama warga, yang digunakan untuk semua warga, dan berguna untuk memudahkan warga jika mau mandi, mencuci, atau buang air besar.
3.      Kerjasama yang saling menghormati
Contoh: Saat P. Joko pergi berlibur bersama anaknya ke Jakarta, ia berhenti di toilet umum. P. Joko ingin kencing tetapi antriannya sangat panjang , meskipun begitu P. Joko tetap mengantri dengan tertib, dan sabar menunggunya.


Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi untuk Memenuhi Kebutuhan
-        -     Sumber daya ekonomi dapat dikelompokkan ke dalam sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan sumber daya keahlian (kewirausahaan).
-        -     Sumber daya alam ada 2 macam yaitu sumber daya yang dapat dipebaharui, dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui
-        -  Contoh sumber daya yang dapat diperbaharui adalah jenis hewan, dan tumbuhan.
-        -  Contoh sumber daya yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak bumi, batu bara, emas.
-         -     Cara menggunakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui adalah menghemat, dan menggunakannya dengan seefesien dan seefektif mungkin untuk menjaga ketersediaannya dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia.
-         -   Sumber daya manusia berperan untuk menentukan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta besar kecilnya kebutuhan.
-         -   Semua kebutuhan manusia akan dapat terpenuhi apabila adanya sumber daya alam yang melimpah, dan sumber daya manusia yang mencukupi, atau tersedia.
-         -   Usaha yang dilakukan individu, keluarga, atau masyarakat merupakan kegiatan ekonomi yang mengandung makna menghasilkan (memproduksi), memakai (mengkonsumsi), dan menyebarkan (distribusi).
-          -        Penyebab dari manusia tidak pernah merasa puas dalam pemenuhan kebutuhan yang tidak terbatas ialah:
1)      Kebutuhan manusia selalu bertambah, dan ada yang dirasakan baru.
2)       Adanya pertambahan penduduk.
3)      Adanya kemajuan teknologi, dan adanya peningkatan kebudayaan dan taraf hidup yang semakin baik.


 Ilmu Ekonomi
-         -    Ilmu ekonomi timbul sebagai akibat adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedang alat pemuas kebutuhan yang terbatas.
-         -  Sumberdaya ekonomi yang tersedia dan terbatas jumlahnya ada yang disediakan secara gratis oleh alam, dan ada yang perlu diolah lebih lanjut.
-         -  Untuk mengolah memerlukan sumber daya produksi, atau faktor-faktor produksi,yaitu alam, manusia, modal, dan kewirausahaan.
-          -  Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana manusia memilih dan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan.
-         -       Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani oikonomia, yitu dari kata oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti mengatur, jadi oikonomia adalah mengatur rumah tangga.
-         -   Dengan perkembangan ilmu dan teknologi pengertian ekonomi telah berkembang, bukan hanya mengatur rumah tangga dalam arti sempit tetapi, rumah tangga dalam arti luas, seperti rumah tangga perusahaan, masyarakat, negara, bahkan dunia.
-          -   Contoh beberapa definisi  tentang ilmu ekonomi yaitu:
1)      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mepelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan.
2)      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.
3)      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.
4)      Ilmu ekonomi merupakan studi tentang uang, suku bunga, modal, dan kekayaan.
5)       Albert L. Mayers: Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan.
6)      Karl E., Case, Ray C Pair: Ilmu ekonomi studi tentang bagaimana individu dan masyarakat memilih cara penggunaan sumber daya yang langka telah diberikan oleh alam dan generasi sebelumnya.
7)      Paul A. Samuelson: Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatasuntuk menghasilkan beberapa jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi sekarang atau masa akan datang kepada individu dan masyarakat.
-           -        Definisi-definisi di atas menekankan beberapa hal seperti berikut:
1)      Dalam ilmu ekonomi terdapat masalah penentuan dan pembuatan pilihan dalam sumber-sumber daya ekonomi atau faktor produksi.
2)      Sumber-sumber daya ekonomi tersebut terbatas (langka), sehingga perlu penggunaan alternatif
3)      Untuk memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat, perlu dilakukan produksi, distribusi, dan konsumsi.
4)      Bagaimana menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.
5)      Bertujuan memecahkan masalah ekonomi untuk mencapai kemakmuran.
6)      Kegiatan dan perilaku manusia dalam rangka produksi, konsumsi, distribusi, dan transaksi yang terjadi pada masyarakat  dengan menggunakan uang atau tanpa menggunakan uang atau dengan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk konsumsi masa sekarang dan masa yang akan datang.

0 comments:

Post a Comment

About Me

Isbakhul Lailatil Fibriyah
View my complete profile