Rangkuman B. Indonesia Bab 1 semester 2



RANGKUMAN

A.    MENDENGARKAN DAN MENYIMPULKAN ISI WAWANCARA
·         Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberikan informasi.
·         Orang yang memberikan informasi = narasumber adalah orang yang ahli dalam bidang tertentu atau yang dianggap mengenal dan mengetahui suatu masalah secara baik.
·         Untuk dapat menuliskan hal-hal penting dari wawancara yang kamu dengar ada 2 hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
1.      Pertanyaan apa yang diajukan oleh penanya.
2.      Jawaban narasumber mengenai pertanyaan tersebut.
B.     BERTELEPON
·         Telepon berarti pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara 2 orang yang berjauhan tempatnya atau percakapan yang disampaikan melalui pesawat.
·         Telepon adalah alat komunikasi yang cukup efektif dalam menghubungi seseorang untuk memperoleh atau mengabarkan berita.
·         Telepon digunakan agar mempermudah hubungan atau komunikasi, walaupun tempatnya berjauhan.
·         Bertelepon adalah berhadapan dengan orang lain walupun tidak secara langsung bertatap muka.
·         Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat dan jelas. Singkat artinya menggunakan kosa kata secara hemat. Jelas artinya tidak menimbulkan penafsiran ganda.
·         Tatacara bertelepon yang baik, adalah :
1.      Ucapkan salam pembuka.
2.      Sebutkan nama dan tujuan kita menelepon.
3.      Lakukan dengan kata-kata jelas tapi hemat dan mudah dipahami.
4.      Gunakan bahasa yang santun.
5.      Akhiri pembicaraan dengan ucapan terimakasih dan salam.
                C.    MEMBACA INTENSIF BUKU BIOGRAFI
·         Membaca intensif adalah cara membaca yang dilakukan secara seksama rincian-rincian suatu teks atau bacaan.
·         Biografi adalah catatan riwayat hidup seorang tokoh, seperti negarawan, sastrawan, ilmuwan, seniman dan pengusaha.
·         Dalam sebuah paragraf terdapat 2 gagasan, yaitu :
1.      Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu  paragraf.
2.      Gagasan penjelas adalah gagasan yang perannya menjelaskan gagasan utama.



                 D.    MENULIS PESAN SINGKAT
·         Pesan singkat disebut jugaa memo adalah bentuk komunikasi berupa surat yang berisi pesan, saran, petunjuk, perintah, informasi, laporan, atau penerangan dari seorang atasan kepada bawahandalam sebuah instansi atau organisasi.
·         Ada 2 macam memo, yaitu :
1.      Memo resmi = memo yang dibuat oleh instansi pemerintah atau organisasi.
2.      Memo tidak resmi = memo yang dapat dibuat oleh siapa saja.
·         Kalimat efektif, kalimat komunikatif, dan kesantuan berbahasadalam sebuah pesan singkat bertujuan agar inti pesan dapat dipahami penerima tanpa menimbulkan pertanyaan atau kesalah pahaman.
·         Ejaan yang benar dalam penulisan memo bertujuan agar pnrima pesan dapat memahami pesan dengan baik.
·         Ada beberapa hal yang sering diabaikan ketika menulis memo, yaitu :
1.      Penggunaan singkatan kata-kata yang tidak lazim.
2.      Penggunaan tanda baca.
·         Pesan dapat disampaikan melalui 2 cara, yaitu secara tertulis dan tidak tertulis.
·         Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menulis pesan, yaitu :
1.      Tulislah dengan jelas kepada siapa pesan ditujukan.
2.      Tulislah siapa yang membuat pesan.
3.      Tulislah pesan dengan bahasa yang sopan.
4.      Tulislah pesan dengan kalimat yang efektif atau singkat dan mudah dipahami.
Ketatabahasaan.
            Kalimat aktif transitif dan intransitif
*        Kalimat aktif transitif : kalimat yang predikatnya diikuti objek
Contoh =  Dwi mencari ikan di laut
                    S        P         O       K
*        Kalimat aktif intransitif : kalimat yang predikatnya tidak diikuti objek.
Contoh =  Rudi tidur dengan nyenyak
                    S      P               K

0 comments:

Post a Comment

About Me

Isbakhul Lailatil Fibriyah
View my complete profile